Juru Sembelih Halal adalah sebuah profesi yang melakukan pekerjaan penyembelihan halal pada usaha pemotongan unggas di RPH-U (Rumah Potong Hewan Unggas) maupun pada ruminansia di RPH-R (Rumah Potong Hewan Ruminansia domba/ kambing/ sapi/ kerbau). Belakangan ini, profesi Juru Sembelih Halal mulai banyak dibutuhkan juga pada penyembelihan hewan qurban Idul Adha, seiring dengan meningkatnya kesadaran Umat Islam dalam mengelola Ibadah Qurban secara profesional.

Dalam rangka menjamin kualitas SDM Juru Sembelih Halal, pemerintah telah menerbitkan SKKNI No. 196 Tahun 2014 sebagai acuan yang dipakai untuk menetapkan kompetensi seorang Juru Sembelih Halal. Dengan makin terbukanya informasi di era saat ini, masyarakat Muslim mulai memahami bahwa Juru sembelih Halal yang kompeten adalah suatu keniscayaan untuk menjamin produk daging yang beredar dan dikonsumsi oleh masyarakat ASUH, yaitu : Aman Sehat Utuh Halal.

Inilah marwah Juru Sembelih Halal Indonesia, sebuah organisasi yang berbasis kompetensi, yang senantiasa berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensinya dari waktu ke waktu. Sebagai upaya untuk berkontribusi dalam penjaminan produk halal yang diwajibkan oleh pemerintah melalui UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.