Higienis dan aman secara kesehatan saja tidak cukup bagi produk pangan asal hewan yang akan ditawarkan ke konsumen, daging dan hasil olahannya haruslah halal.

Di Indonesia, panduan tentang penyembelihan yang halal mengacu pada HAS 23103, Guideline of Halal Assurance System Criteria on Slaughterhouses dan SKKNI Nomor 196 Tahun 2014 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Pertanian, Kehutanan Dan Perikanan Golongan Pokok Jasa Penunjang Peternakan Bidang Penyembelihan Hewan Halal.

Titik kritis dalam kehalalan produk asal hewan menurut MUI HAS 23103 yakni membaca Basmalah, memotong tiga saluran yaitu esophagus, trakhea dan 2 buluh darah arteri carotis, dan tidak memotong medulla spinalis.

Penyembelihan juga harus dilakukan dalam satu kali penyembelihan serta harus memperhatikan syarat kesejahteraan hewan, yang semua itu dilakukan oleh Juru Sembelih Halal (Juleha) yang kompeten dan tersertifikasi.

Dinas Ketahanan Pangan dan Kelautan Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Halal Science Center Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan Pelatihan Juru Sembelih Halal kepada 140 orang penyembelih hewan ruminansia dan unggas di Rumah Potong Hewan (RPH) dan Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berlokasi di RPHU Rawa Kepiting, RPHU Rawa Lele, RPHU Petukangan Utara, RPHU Rorotan, RPHU Rawa Terate dan RPH Cakung selama bulan Februari hingga Mei 2019.

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari MoU antara Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan Rektor IPB.

Peserta mendapatkan materi tentang prinsip kesehatan hewan, kesejahteraan hewan, higiene dan sanitasi, peralatan penyembelihan serta bagaimana mengoordinasikan pekerjaan dengan benar.

Selain itu, peserta juga akan mengikuti uji kompetensi yang melibatkan Lembaga Sertifikasi Profesi Kesehatan Hewan yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikasi ini diakui di dunia internasional.

SUMBER:
[27 April 2019]
Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta | Juleha, Juru Sembelih Halal dilatih untuk dapatkan Daging ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal)