Bismillaahi Allahu Akbar !

Juru Sembelih Halal adalah sebuah profesi yang melakukan pekerjaan penyembelihan halal pada usaha pemotongan unggas di RPH-U (Rumah Potong Hewan Unggas) maupun pada ruminansia di RPH-R (Rumah Potong Hewan Ruminansia domba/ kambing/ sapi/ kerbau). Belakangan ini, profesi Juru Sembelih Halal mulai banyak dibutuhkan juga pada penyembelihan hewan qurban Idul Adha, seiring dengan meningkatnya kesadaran Umat Islam dalam mengelola ibadah qurban secara profesional.

Dalam rangka menjamin kualitas SDM Juru Sembelih Halal, pemerintah telah menerbitkan SKKNI No. 196 Tahun 2014 sebagai acuan yang dipakai untuk menetapkan kompetensi seorang Juru Sembelih Halal. Dengan makin terbukanya informasi di era saat ini, masyarakat muslim mulai memahami bahwa Juru sembelih Halal yang kompeten adalah suatu keniscayaan untuk menjamin produk daging yang beredar dan dikonsumsi oleh masyarakat ASUH, yaitu : Aman, Sehat, Utuh, dan Halal.

Inilah marwah JULEHA Indonesia, sebuah organisasi yang berbasis kompetensi, yang senantiasa berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensinya dari waktu ke waktu. Sebagai upaya untuk berkontribusi dalam penjaminan produk halal yang diwajibkan oleh pemerintah melalui UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

LEGAL & HALAL

Berdasarkan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, pemotongan hewan halal harus memenuhi persyaratan kesehatan masyarakat veteriner, kesejahteraan hewan, dan syari’at Islam. Titik kritis yang dapat menyebabkan daging ruminansia dan unggas menjadi tidak halal adalah proses penyembelihan hewan yang tidak sesuai dengan syari’at agama Islam. Peran juru sembelih halal menjadi sangat penting dalam menentukan terpenuhinya persyaratan ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal) dari daging yang dihasilkan.

Pemerintah telah menetapkan standar kompetensi seorang juru sembelih halal melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. 196 Tahun 2014 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Golongan Pokok Jasa Penunjang Peternakan Bidang Penyembelihan Hewan Halal, atau yang sudah kita kenal sebagai SKKNI No. 196 tahun 2014, sebagai pondasi untuk menetapkan kompetensi seorang Juru Sembelih Halal, yang sudah memenuhi aspek legal dalam peraturan negara, sekaligus memenuhi syariat Agama Islam.

JULEHA Indonesia sebagai organisasi yang berbasis kompetensi siap berkiprah dalam penjaminan produk halal di Indonesia. Selain itu, menjadi amanah yang tidak terpisahkan dari organisasi ini adalah melakukan syiar sembelih halal, demi terwujudnya Indonesia berkah melalui tatacara penyembelihan yang Ihsan, Halal, dan Thoyyib, dengan menerapkan 13 unit kompetensi yang dipersyaratkan dalam SKKNI.

GLOBALISASI HALAL

Dalam rangka mendukung profesionalisme SDM juru sembelih halal untuk dapat bersaing baik di dalam maupun di luar negeri, Kementerian Pertanian telah menyusun Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sektor pertanian untuk bidang penyembelihan hewan halal. Yang kemudian ditetapkan oleh pemerintah melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. 196 Tahun 2014.

Kompetensi tenaga kerja Juru Sembelih Halal Indonesia saat ini telah dipertimbangkan oleh berbagai negara di dunia, terkait dengan pemenuhan standar halal untuk kepentingan ekspor daging dari RPH maupun RPA mereka ke berbagai negara. Ini terbukti dengan kiprah tenaga kerja Juru Sembelih Halal Indonesia di berbagai negara penghasil daging sapi dan unggas dunia.

JULEHA Indonesia sangat memahami bahwa aspek halal merupakan tanggungjawab bersama umat muslim di seluruh dunia. Organisasi ini siap ambil bagian dalam sistem jaminan halal masyarakat global.

Mari bersama-sama menguatkan tekad pribadi dalam barisan jamaah JULEHA Indonesia, untuk berkontribusi menegakkan syariat Islam dalam penyembelihan halal demi terciptanya pangan yang halal bagi seluruh umat manusia.

Bismillahi Allahu Akbar !

Ditulis oleh : Drh. Wikrama Satyadarma
Ketua Dewan Pengawas JULEHA Indonesia